Penjelasan tentang Biaya Audit Akuntan Publik

Awak Media











Penjelasan tentang Biaya Audit Akuntan Publik
Penjelasan tentang Biaya Audit Akuntan Publik


Penjelasan tentang Biaya Audit Akuntan Publik



Besaran biaya audit oleh kantor akuntan publik dapat bervariasi mulai dari belasan juta rupiah hingga miliaran rupiah per tahun. Pada dasarnya biaya audit akan ditentukan oleh tiga komponen yaitu jumlah personil audit, waktu personil yang akan digunakan untuk pekerjaan audit dan tarif audit per jam per personil. Ukuran dari ketiga komponen itu ditentukan berdasarkan karakteristik perusahaan yang diaudit. 



Pelaksanaan audit sesuai dengan standar profesi akan melibatkan seorang akuntan publik yang dibantu dengan tim pelaksana yang terdiri dari ketua dan anggota tim audit. Auditor mempunyai tingkatan posisi sesuai dengan pengalaman dan kualifikasinya yaitu dimulai dari asisten auditor, junior auditor, senior auditor, manajer dan senior manager.



Pada umumnya kantor akuntan publik berukuran menengah dan besar terdapat personil yang mengisi sebagai manager, sehingga sebuah tim untuk pekerjaan audit oleh kantor akuntan publik menengah dan besar biasanya akan melibatkan rekan akuntan publik, manager, senior auditor dan junior auditor, serta asisten auditor. 



Dalam kondisi tertentu juga disyaratkan adanya review pengendalian mutu atas perikatan audit yang harus dilakukan oleh personil yang bukan merupakan tim audit, sehingga akan menambah komponen biaya audit.



Masing-masing personil audit mempunyai area pekerjaan spesifik dalam pelaksanaan audit.



Seluruh tim audit bekerjasama untuk melaksanakan audit agar sesuai dengan standar audit dan regulasi yang berlaku agar laporan auditor independen diterbitkan sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh standar. 



Karena masing-masing personil mempunyai kualifikasi yang berbeda tingkatannya, maka setiap jenis personil mempunyai tarif masing-masing yang dihitung per jam. KAP Agus Ubaidillah dan Rekan untuk tahun 2021 menetapkan tarif personil per jam yaitu:



































Posisi



Tarif per jam



Rekan/Partner



1,000,000



Senior Manager



600,000



Manager



400,000



Senior auditor



200,000



Junior auditor



150,000



Asisten auditor



75,000




Fee audit ditentukan berdasarkan perkiraan waktu yang akan dihabiskan oleh tiap personil tim untuk menyelesaikan audit dihitung dengan tarif per jam per masing-masing personil.



Contoh penentuan biaya audit per tahun untuk perusahaan kecil dengan proses bisnis yang sederhana (bidang usaha jasa).


 





























































Posisi



Tarif Per Jam (Rp)



Pekerjaan



Jam



Biaya yang dikenakan (Rp)



Rekan/Partner



1,000,000



Perencanaan, asesmen risiko, review seluruh pelaksanaan dan menyimpulkan hasil audit.



4.0



4,000,000



Senior Manager



600,000



Mengelola tim audit dalam pelaksanaan audit keseluruhan.



-



-



Manager



400,000



Mengelola tim audit dalam pelaksanaan audit keseluruhan, termasuk review pekerjaan tim audit.



8.0



3,200,000



Senior auditor



200,000



Melaksanakan prosedur audit untuk area strategis dan mereview pekerjaan junior auditor dan asisten.



30.0



6,000,000



Junior auditor



150,000



Melaksanakan prosedur audit dan pengumpulan bukti audit.



60.0



9,000,000



Asisten auditor



75,000



Membantu pelaksanaan prosedur audit.



85.0



6,375,000



Total



187.0



28,575,000






Penentuan jumlah personil dan waktu kerja diperoleh berdasarkan suatu analisa dari karakteristik perusahaan, yaitu sebagai berikut:



Ukuran perusahaan





  • Perusahaan kecil vs perusahaan menengah




  • Perusahaan dengan kantor cabang vs non cabang




  • Perusahaan yang memiliki anak perusahaan



Jenis perusahaan





  • Perusahaan Terbuka vs Perusahaan Non TBK




  • Perusahaan anggota grup perusahaan multinasional



Bidang usaha





  • Perusahaan jasa vs perusahaan manufaktur



Standar akuntansi keuangan dan regulasi terkait pelaporan keuangan





  • SAK umum vs SAK ETAP



Berikut adalah penjelasan biaya audit berdasarkan karakteristik yang disebutkan diatas:



Biaya audit untuk Perusahaan kecil vs perusahaan menengah vs perusahaan besar



Perusahaan kecil akan mempunyai transaksi yang tidak banyak, data yang diperiksa akan lebih sedikit, sehingga akan melibatkan personil yang lebih sedikit (walaupun komposisi tetap sama yaitu manajer, senior, junior auditor dan asisten auditor) dan waktu masing-masing personil lebih sedikit.



Perusahaan besar pada umumnya mempunyai aset tetap, persediaan, karyawan, kantor cabang/gudang dan transaksi yang lebih banyak, sehingga akan melibatkan tim yang lebih besar dan waktu personil yang lebih banyak.



Biaya audit perusahaan yang memiliki cabang vs tidak memiliki cabang



Perusahaan yang memiliki cabang akan membutuhkan tim audit yang lebih banyak. Tim audit akan dibagi per beberapa cabang yang akan memeriksa penjualan, aset tetap dan persediaan yang ada di cabang-cabang perusahaan. Sedangkan jika perusahaan tidak memiliki cabang tentu tim audit hanya akan terkonsentrasi di kantor pusat. 



Belum lagi waktu yang lebih lama karena ada minimal setengah hari perjalanan (airport, penerbangan, waktu tunggu dsb) sehingga memperlambat waktu. Dengan demikian, audit untuk perusahaan yang memiliki cabang akan dikenakan biaya audit yang lebih besar.




Biaya audit untuk Perusahaan yang memiliki anak perusahaan 



Perusahaan yang memiliki anak perusahaan diwajibkan melakukan konsolidasi laporan keuangan anak kepada laporan keuangannya. Dengan demikian, selain audit atas laporan keuangan perusahaan, pemeriksaan atas laporan keuangan anak juga perlu dilakukan. Apabila anak perusahaan diaudit oleh kantor akuntan publik lain, maka perlu dilakukan review sehingga akan menggunakan waktu personil. 



Jadi untuk perusahaan yang memiliki anak perusahaan akan membutuhkan personil dan waktu yang lebih banyak, sehingga biaya audit akan lebih besar.



Biaya Audit Perusahaan Terbuka vs Perusahaan Non Tbk



Perusahaan terbuka memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi karena banyak masyarakat mempunyai kepentingan atas laporan keuangannya. Untuk itu, otoritas mengenakan aturan yang lebih banyak dan kompleks, selain itu standar profesi juga mewajibkan adanya review atas pengendalian mutu audit. Dengan tingkat risiko dan persyaratan yang lebih tinggi, maka audit untuk perusahaan tbk akan melibatkan personil yang lebih berpengalaman dan alokasi waktu yang lebih banyak. Dengan demikian, biaya audit perusahaan terbuka akan lebih besar (dengan perbandingan ukuran perusahaan yang setara).



Biaya Audit Perusahaan PMA atau anggota dari Grup Perusahaan Multinasional



Pada saat mengaudit PMA atau perusahaan anggota dari grup perusahaan multinasional pada umumnya melibatkan proses komunikasi dan koordinasi dengan induk perusahaan dan auditor grup. Komunikasi sudah pasti menggunakan bahasa Inggris dan mungkin terdapat persyaratan dari auditor grup. Dengan persyaratan yang lebih tinggi, maka audit perusahaan PMA atau perusahaan multinasional mempunyai biaya audit yang lebih besar (dengan perbandingan ukuran perusahaan yang setara).





Biaya Audit Perusahaan Jasa vs Perusahaan Manufaktur



Perusahaan jasa pada umumnya tidak mempunyai persediaan, sehingga tidak ada akuntansi biaya persediaan seperti pada perusahaan manufaktur. Tim audit untuk perusahaan manufaktur harus melaksanakan pemeriksaan atas pembelian persediaan, produksi, hingga penjualan. Proses tersebut membutuhkan waktu yang lebih banyak dibandingkan audit untuk perusahaan jasa. Dengan demikian, maka audit perusahaan manufaktur akan membutuhkan biaya yang lebih besar dari audit perusahaan jasa (dengan perbandingan ukuran perusahaan yang setara).



Biaya Audit Perusahaan yang menggunakan SAK umum vs SAK ETAP



SAK umum mempunyai persyaratan yang lebih kompleks dibandingkan PSAK ETAP, sehingga auditnya akan menghabiskan waktu yang lebih lama, sehingga akan berdampak kepada biaya audit (dengan perbandingan ukuran perusahaan yang setara).



Semoga penjelasan biaya audit ini dapat bermanfaat untuk anda. Ikuti sosial media kami untuk mendapatkan update terbaru tentang regulasi pajak dan standar akuntansi yang berlaku.



Instagram https://www.instagram.com/aupartners



Facebook https://www.facebook.com/aupartners 



Linkedin https://www.linkedin.com/company/tgs-au-partners/ 



Tentang TGS AU Partners



TGS AU Partners adalah grup firma profesional Indonesia yang bergerak di bidang perpajakan, audit, akuntansi, hukum, sumber daya manusia, dan konsultasi. Firma tersebut terdiri dari KAP Agus Ubaidillah dan Rekan, Firma X Group Advisory, PT AUP Grup Indonesia dan Adishta Yogaswara Law Office. TGS AU Partners adalah anggota independen dari TGS Global, jaringan kantor akuntan dan konsultan internasional.




Sumber TGS AU Partners






Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.